Rangkuman BAB 9 Praktika Lintas Bidang - Sabrina Ashley 7B

 RANGKUMAN BAB 9 PRAKTIKA LINTAS BIDANG - INFORMATIKA

SABRINA ASHLEY YULIANDI

ABSEN 29/KELAS 7B


A. Pengembangan Artefak Komputasional

Artefak Komputasional adalah objek yang diciptakan sebagai hasil berpikir komputasional yang bisa dikembangkan melalui proses kreatif dan literatif yang merefleksikan kreatifitas penciptanya. 

Pengembangan artefak komputasional dibantu dengan penggunaan perkakas. Salah satu perkakas pengembangan yang akan digunakan pada aktivitas di sini adalah Makey Makey.


B. Starter Makey-Makey

Makey Makey adalah papan sirkuit elektronis yang bisa dihubungkan ke komputar dan berfungsi sebagai keyboard (selama bersifat konduktor) yang ditemukan oleh Eric Rosenbum dan Jay Silver.

Nama makey sendiri diambil dari kata “make” (membuat) dan “key” (kunci/tombol) ”Make anythink into keyboard”

Dengan benda ini, kita dapat bermain game menggunakan buah-buahan seperti pisang, tomat, dan apel untuk bermain piano, daun basah untuk bermain game dan benda lainnya.

Bagian dari Makey-Makey:

1. Bagian Depan

Memiliki enam lubang masukan bukan ground dan enam lubang ground di bagian depan papan. Lubang bukan ground di bagian depan dapat digunakan untuk menggantikan tombol panah atas, kiri, bawah, kanan, spasi, dan klik yang dapat dihubungkan dengan klip buaya.
  • Panah (atas, bawah, kiri, kanan)
  • Spasi
  • Tombol left click



2. Bagian Belakang

12 masukan lainnya di bagian belakang, 6 untuk tombol keyboard, dan 6 untuk gerakan mouse, yang dapat diakses dengan jumper/kabel bantuan. 
  • Konektor USB 
  • Keyboard (WASDFG) 
  • Mouse (tetikus) 
  • LED keyboard 
  • LED mouse 
  • Ground
  • Output


Comments

  1. ok terima kasih banyak sudah mengerjakan tugasnya dnegan baik.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Resume Materi Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet - Sabrina Ashley 8D/30 Informatika

Mengapa Saya Masuk SMP Labschool Jakarta