Resume Materi Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet - Sabrina Ashley 8D/30 Informatika

 





A. Jaringan Komputer

    Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data, yang dibangun dengan kombinasi hardware dan software, serta pada setiap perangkat memiliki identitas yang unik, yaitu alamat IP.

Memiliki 2 jenis:

    1. Jaringan Lokal - Local Area Network (LAN)
   
    Jaringan lokal adalah jaringan komputer berkabel maupun nirkabel yang menghubungkan        komputer dengan perangkat lainnya dalam wilayah terbatas seperti dalam rumah, sekolah, kampus, universitas, atau gedung kantor. Perangkat yang kita miliki harus terhubung terlebih dahulu dengan jaringan lokal tersebut.

    Terdiri atas 2 perangkat yang terhubung menggunakan kabel maupun tanpa kabel. Jika ingin menghubungkan lebih dari dua perangkat dalam jaringan yang sama, dibutuhkan perangkat tambahan, yaitu switch atau router

    Switch atau router adalah perangkat keras jaringan yang menghubungkan perangkat di jaringan komputer dengan menggunakan paket switching untuk menerima dan meneruskan data dari suatu perangkat ke perangkat tujuan. 

Perbedaan:
- Switch: hanya dapat menghubungkan perangkat pada jaringan yang sama
- Router: dapat menghubungankan perangkat dari dua jaringan berbeda




    
    2. Jaringan Internet - InterNetwork

    Jaringan Internet adalah jaringan antar jaringan komputer yang memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan jaringan lokal. Jaringan internet dapat mencakup area sebuah negara atau bahkan dapat menghubungkan perangkat-perangkat di seluruh dunia.

    Untuk menggunakan internet secara langsung, membutuhkan layanan internet, berupa 
1. komunikasi langsung (email, chat), 
2. diskusi (Usenet News, email, milis), 
3. sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Gopher), 
4. remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), dll.

    Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP) merupakan standar teknologi pendukung yang dipakai secara global. TCP/ IP merupakan protokol pertukaran paket atau Switching Communication Protocol. Istilah “protokol” di internet atau di jaringan lokal mengacu pada satu set aturan yang mengatur bagaimana sebuah aplikasi berkomunikasi dalam suatu jaringan. 

    Adapun software aplikasi yang berjalan di atas sebuah protokol disebut aplikasi client. Ada beberapa syarat agar komputer dapat terhubung dengan internet:
a. dukungan hardware dan software,
b. terdaftar ke salah satu penyedia jasa internet (ISP, Internet Service Provider).
    

3. Konfigurasi Jaringan Komputer

    Dua komponen utama dalam sebuah jaringan komputer, yaitu node dan link

1. Node 
    Node adalah titik atau perangkat yang dapat menghasilkan input data atau menerima data atau juga kedua-duanya dalam sebuah jaringan. Contoh node pada jaringan ialah perangkat komputer, HP, switch, router, dan lain sebagainya. 

2. Link
    Link adalah jalur transimisi data/informasi antar-node. Link ini berupa hubungan antara node yang satu dan node yang lainnya dalam sebuah jaringan. Istilah link kadang juga disebut sebagai edge. Oleh sebab itu, perangkat-perangkat yang saling terhubung melalui jaringan komputer dapat digambarkan secara abstrak sebagai hubungan antara node dan edge.


4. Routing pada Jaringan Komputer

    Routing pada jaringan komputer merupakan sebuah mekanisme pengiriman paket data dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Pada sebuah router, biasanya, terdapat sebuah tabel routing atau lebih yang menyimpan informasi jalur routing yang akan dilalui ketika ada pengiriman data yang melewati router dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

    Proses routing adalah proses menentukan jalur yang dilalui sebuah paket data yang dikirim antar-dua buah perangkat. Untuk dapat melakukan proses routing, harus lebih dahulu diketahui alamat tujuan perangkat, alamat asal perangkat, dan rute terbaik. Rute terbaik biasanya merupakan jalur terpendek yang dapat dilalui. Konsep inilah yang dikenal dengan istilah jalur terpendek.





B. Komunikasi Data pada Ponsel

    Komunikasi data merupakan sebuah mekanisme pengiriman dan penerimaan data dari satu perangkat ke perangkat lain. Ketika kita menggunakan ponsel, baik untuk keperluan mengirim pesan atau SMS (short message system), panggilan suara, koneksi internet, maupun mentransfer dokumen, ada mekanisme komunikasi data yang terjadi antara ponsel pengirim dan ponsel penerima. 

    Untuk dapat digunakan sebagai alat komunikasi, ponsel memerlukan suatu elemen jaringan seluler yang berperan penting sebagai pemancar dan penerima sinyal dari ponsel, yaitu BTS (Base Transceiver Station)

    BTS adalah suatu infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi dan jaringan komputer. Dalam satu kota atau wilayah, terdapat banyak BTS. Ponsel akan dilayani oleh BTS yang ada di sekitarnya, terutama yang paling dekat jaraknya. Pelayanan ini akan berpindah secara otomatis, ketika ponsel sedang bergerak dari wilayah layanan BTS yang satu ke wilayah layanan BTS yang lain. Itu sebabnya dalam bahasa Inggris, ponsel disebut “mobile phone”.


     Kekuatan sinyal dari ponsel bergantung pada berbagai hal, yaitu:

1. Jarak dari BTS
    Semakin dekat semakin kuat sinyalnya, serta sebaliknya.

2. Material bangunan
    Material beton, baja, dan sebagian besar bahan bangunan lainnya sangat dapat menghalangi sinyal seluler. Saat berada di ruang bawah tanah/ basement, tidak dapat sinyal.

3. Halangan (tembok, dll)
    Jika berada pada ruang terbuka tanpa halangan apapun, sinyal ponsel akan kuat. Namun, jika kalian berada di sebuah ruangan yang di dalamnya ada penghalang berupa tembok, besi, bangunan, sinyal akan lemah. 

4.  Cuaca
    Gelombang radio berjalan melalui atmosfer. Jadi, saat cuaca sedang buruk, akan dapat menghalangi sinyal.

5. Pengguna Lain dalam Jaringan yang sama.
    Jika dalam sebuah area BTS, ada banyak ponsel yang terhubung dengan BTS tersebut, kekuatan sinyal akan melemah.




C. Terhubung ke Internet dengan Aman

    Internet positif ialah istilah yang biasa digunakan untuk menamai aktivitas pemblokiran atau pembatasan akses terhadap website yang dianggap tidak layak muat oleh pemerintah Indonesia. 
Biasanya, website yang diblokir oleh internet positif ialah website yang berisi konten negatif seperti berita hoax, mengandung SARA, dan konten yang berbau pornografi. 

    Internet positif juga memblokir website yang berpotensi mencuri data pribadi yang kita miliki seperti username, PIN, password sehingga dapat menyebabkan kerugian bagi yang membukanya. 


1. Web Phising
    Phishing adalah suatu metode untuk melakukan penipuan dengan mengelabui pengguna dengan maksud untuk mencuri data pengguna. Di website tersebut meminta untuk memasukkan username dan password untuk login. Nah, disitulah data bisa dicuri.



2. Setting Keamanan pada Browser
    Pada sebagian besar browser yang kalian gunakan, biasanya, akan ada pengaturan keamaan yang bisa dilakukan. Setelah pengaturan dilakukan, browser yang kalian gunakan akan selalu memberi peringatan jika website yang kalian buka berbahaya. 





Video Jaringan Komputer dan Internet







Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Saya Masuk SMP Labschool Jakarta

Rangkuman BAB 9 Praktika Lintas Bidang - Sabrina Ashley 7B