Dalam mata pelajaran ini, kita akan belajar mengenai teknologi komputer dan sistem yang dibangun menggunakan teknologi komputer tersebut. Kita akan belajar cara memanfaatkan teknologi komputer, juga teori untuk memahami cara kerja komputer. Dengan demikian, kita akan bisa
menyiapkan diri untuk menghadapi masa depan yang pasti akan lebih maju teknologinya.
a. Algoritma = Pola/Algoritma dapat digunakan untuk mendefinisikan sebuah bentuk atau struktur yang tetap. b. Optimasi Penjadwalan = memilih kegiatan mana saja yang akan kita lakukan pada hari tertentu dan mengatur jadwal agar kegiatan-kegiatan tidak bertabrakan waktunya. c. Struktur Data = Data yang disusun dalam bentuk sebuah daftar yang biasanya disebut list. d. Representasi Data = Sering kali kita dihadapkan pada banyak pilihan yang bisa terdiri atas dua kemungkinan atau lebih. Jika hanya terdiri atas dua kemungkinan, biasanya jawabannya adalah ya atau tidak.
7. Tuliskan liputan singkat kegiatan Digital Labs!
Digital Labs 2022 SMP Labschool Jakarta
Siswa-siswi SMP Labschool Jakarta
mengikuti kegiatan Digital Labs yang dilaksanakan pada hari Selasa, 30 Agustus
2022. Digital Labs adalah kegiatan SMP Labschool Jakarta yang memanfaatkan
teknologi secara kreatif maupun inovatif. Tema Digital Labs 2022 adalah Think
Creative & Be Innovative in Digital Era. Digital Labs 2022 berlangsung di
Teater TK lantai 3 untuk kelas 7, Auditorium lantai 3 untuk kelas 8, dan Teater
Kecil untuk kelas 9. Kegiatan Digital Labs sangatlah ramai. Mulai dari siswa
kelas 7, 8 dan 9 mengikuti acaranya. Materi yang dijelaskan untuk siswa kelas 7
adalah coding, untuk siswa kelas 8 materi animasi, dan siswa kelas 9 materi Positive
Vibe, Creative and Productive with TikTok. Siswa-siswi melakukan praktek
berdasarkan materi yang mereka dapatkan tadi. Kegiatan Digital Labs ini
diharapkan siswa-siswi bisa memanfaatkan teknologi saat ini dan meningkatkan
kreativitas siswa-siswi SMP Labschool Jakarta.
Di kelas 7, siswa-siswi dibagi
menjadi beberapa kelompok yang masing-masing kelompok terdiri atas 5 orang.
Materi yang dibagikan adalah coding dari Clevio Coder Camp. Siswa-siswi pun
diberi kesempatan untuk mempraktikkan coding, yaitu melalui game. Dengan
demikian, praktik coding yang dilakukan adalah membuat game sederhana. Game
yang dibuat adalah game pemadam kebakaran. Game pemadam kebakaran tersebut menggunakan
designing dan programming. Kegiatan ini sangatlah bermanfaat. Dengan kegiatan Digital
Labs 2022 ini, kita bisa memperoleh informasi-informasi tentang coding.
Di kelas 8, siswa-siswi mendapatkan
penjelasan tentang materi animasi dari Hello Motion Academy. Mereka membuat animasi
yang dibuat dari gambar mereka sendiri. Dan yang terakhir yaitu kelas 9,
siswa-siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Mereka membuat konten dengan vibe
yang positif dan informatif. Tema untuk kontennya adalah kehidupan di sekolah,
yang kemudian di posting di TikTok.
Dengan demikian, kegiatan Digital
Labs 2022 sangatlah bermanfaat. Kita bisa memperoleh informasi baru tentang
coding, animasi, maupun konten positif dan informatif. Kegiatan Digital Labs
ini juga bisa meningkatkan kreativitas siswa-siswa SMP Labschool Jakarta, dan
kegiatan ini pun memanfaatkan teknologi saat ini.
Yang dimaksud dengan TIK adalah semua bentuk teknologi yang dipakai untuk mengirim kan, menyimpan, menciptakan, membagikan, atau mempertukar-kan informasi. TIK mencakup teknologi seperti radio, televisi, video, DVD, telepon (telepon saluran tetap dan telepon genggam), sistem satelit, komputer dan jaringan komputer, serta peralatan dan layanan yang berhubungan denganteknologi ini, seperti video-conference dan surel.
Informatika adalah bidang ilmu yang mencakup 5 elemen, yaitu Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Teknik Komputer (TK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB).
Jadi, informatika lebih luas artinya. TIK adalah salah satu bagian yang dipelajari dalam informatika.
Mengapa Saya Masuk SMP Labschool Jakarta Nama saya Sabrina Ashley Yuliandi dari kelas 7B. Biasa dipanggil Sabrina. Saya berasal dari sekolah SD Global Islamic School Jakarta. Alasan saya masuk SMP Labschool Jakarta adalah karena menurut saya SMP Labschool Jakarta adalah sekolah yang memiliki nama yang harum di dunia pendidikan. Selain itu, letak Labschool Jakarta sangatlah strategis dan mudah dijangkau karena rumah saya berlokasi di Pulomas. Untuk menjangkau SMP Labschool Jakarta dengan transportasi umum sangatlah mudah, bisa menggunakan LRT, Bus Transjakarta dan Jaklingko. Masuk Labschool tidak mudah, maka dari itu sejak saya belajar di SD Global Islamic School Jakarta, saya belajar dengan sungguh-sungguh karena saya ingin sekali sekolah di SMP Labschool Jakarta. Di SMP Labschool Jakarta, banyak sekali pilihan ekstrakurikuler seperti basket, band, panahan, fotografi, dan banyak lainnya. Namun, yang eskul yang saya inginkan dan saya minati adalah bahasa Korea. Saya ...
A. Jaringan Komputer Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana d ua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data, yang dibangun dengan kombinasi hardware dan software , serta pada setiap perangkat memiliki identitas yang unik, yaitu alamat IP. Memiliki 2 jenis: 1. Jaringan Lokal - Local Area Network (LAN) Jaringan lokal adalah jaringan komputer berkabel maupun nirkabel yang menghubungkan komputer dengan perangkat lainnya dalam wilayah terbatas seperti dalam rumah, sekolah, kampus, universitas, atau gedung kantor. Perangkat yang kita miliki harus terhubung terlebih dahulu dengan jaringan lokal tersebut. Terdiri atas 2 perangkat yang terhubung menggunakan kabel maupun tanpa kabel. Jika ingin menghubungkan lebih dari dua perangkat dalam jaringan yang sama , dibutuhkan perangkat tambahan, yaitu switch atau router ....
RANGKUMAN BAB 9 PRAKTIKA LINTAS BIDANG - INFORMATIKA SABRINA ASHLEY YULIANDI ABSEN 29/KELAS 7B A. Pengembangan Artefak Komputasional Artefak Komputasional adalah objek yang diciptakan sebagai hasil berpikir komputasional yang bisa d ikembangkan melalui proses kreatif dan literatif yang merefleksikan kreatifitas penciptanya. Pengembangan artefak komputasional dibantu dengan penggunaan perkakas. Salah satu perkakas pengembangan yang akan digunakan pada aktivitas di sini adalah Makey Makey. B. Starter Makey-Makey Makey Makey adalah papan sirkuit elektronis yang bisa dihubungkan ke komputar dan berfungsi sebagai keyboard (selama bersifat konduktor) yang ditemukan oleh Eric Rosenbum dan Jay Silver. Nama makey sendiri diambil dari kata “make” (membuat) dan “key” (kunci/tombol) ”Make anythink into keyboard” Dengan benda ini, kita dapat bermain game menggunakan buah-buahan seperti pisang, tomat, dan apel untuk bermain piano, daun basah untuk bermain game dan benda lainnya. Bagian...
Comments
Post a Comment