Jawaban Soal Esay Analisis Data - Sabrina 7B

Jawaban Soal Esay Analisis Data

Sabrina Ashley Yuliandi - absen 29 7B


  1. Apakah tujuan kamu mempelajari Analisis Data?
    Tujuan saya mempelajari Analisis Data adalah saya bisa membuat data di aplikasi Microsoft Excel dengan rapi dan mudah.
  2. Bagaimana mengolah data menjadi sebuah informasi yang lebih berguna?
    Cara mengolah data agar menjadi sebuah informasi yang lebih berguna adalah dengan menganalisis, mempelajari hubungan antardata berdasarkan sudut pandang tertentu, dan membuat kesimpulannya.
  3. Apakah kalian tahu bahwa data itu banyak jenisnya? Jelaskan!
    Ya. Jenis-jenis data diantaranya Data kuantitatif (berbentuk angka, data statistik, dll), data kualitatif (bentuk interpretasi konsep data), data nominal (diperoleh dengan mengkategorisasikan), data ordinal (diambil dengan cara mengkategorisasikan berdasarkan peringkat), data interval (diperoleh dengan pengukuran), dan data rasio (diperoleh dengan pengukuran jarak, skala, dll)
  4. Apakah yang dimaksud dengan proses analisis data?
    Proses analisis data adalah proses pengumpulan dan perorgansisasian data untuk menarik kesimpulan yang berguna dari data tersebut yang menggunakan penalaran yang runtut, masuk akal, dan logis.
  5. Coba kamu jelaskan versi pemikiranmu apa itu data?
    Menurutku, data adalah keterangan yang dapat di rekam, disimpan, dan ditampilkan dan bisa disimpan dalam bentuk yang dapat diproses oleh komputer.
  6. Sebutkan satuan ukuran data yang kamu ketahui!
    Kilobyte (KB), Megabyte (MB), Gigabyte (GB), Terabyte (TB), Petabyte (PB)
  7. Apa itu analisis data?
    Analisis data adalah menemukan makna dalam data sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat digunakan untuk mengambil keputusan yang tepat.
  8. Apa itu Interpretasi Data?
    Interpretasi data adalah memberikan kesan, pendapat, atau pandangan terhadap sesuatu yang dapat juga berarti menafsirkan data sehingga data tersebut menjadi bermaknna.
  9. Sebutkan 5 Perkakas Pengolah Lembar Kerja! Folder(Mengenal Perkakas), Worksheets, Freeze panes, Cell references, format cells
  10. Sebutkan 5 Pengolahan Data Dasar!
    Sum dan Count, SUMIF, COUNTIF, Operator Aritmatika, Date & Time.
  11. Apa yang dimaksud dengan duplikasi data?
    Yang dimaksud dengan duplikasi data adalah data yag diolah yang memiliki data yang sama persis dan bisa melakukan penghapusan duplikasi dan pencegahan duplikasi.
  12. Apa yang dimaksud dengan Worksheet?
    Worksheet adalah kumpulan cells, yang terbentuk dari baris/row dan column/kolom.
  13. Bagaimana cara melakukan pengurutan/sorting Data?
    Untuk mengurutkan data berdasarkan 1 kolom, pertama kita klik salah satu cell di dalam kolom Jumlah, dan pada tab Home kategori Editing, pilih Sort & Filter. Apabila data berupa angka, sorting dapat dilakukan sehingga data terurut dari terkecil atau terbesar. Apabila data berupa teks, sorting dapat dilakukan dari A-Z maupun Z-A.
    Untuk mengurutkan data berdasarkan banyak kolom, Pertama jika data yang ingin dirurutkan lebih dari1 kriteria, dapat menggunakan fitur Custom Sort. Level pengurutan juga dapat diatur. Hasil pengurutan yang ditampilkan dimulai dari level 1 lalu diurutkan berdasarkan level berikutnya (ascending/descending).
  14. Bagaimana cara melakukan filtering/penyaringan data tertentu?
    Jika data yang ditampilkan hanya memiliki kriteria yang dipilih, maka pilih kolom data yang ingin di filter, pada menu Sort & Filter, pilih Filter. Ciri penggunaan fitur filter adalah table data ada tanda panah drop down list. Kemudian apabila tanda tersebut dapat diklik, akan menampilkan pilihan data yang ada di kolom tersebut secara keseluruhan. Pada pilihan juga akan ada pilihan Select All yang apabila di-check, semua pilihan juga akan di check. Jika ada yang tidak ingin ditampilkan, klik uncheck.
  15. Apa itu Validasi data (data validation)
    Data validation adalah kegiatan untuk mengecek kebenaran dari data yang dimasukkan ke dalam lembar kerja. Data yang dimasukkan oleh pengguna dapat dibatasi berdasarkan syarat tertentu. 
  16. Apa yang dimaksud dengan Share data?
    Share data yang dimaksud adalah data hasil pengolahan di Worksheet dapat dibagikan secara cetak (print) atau disalin ke aplikasi lainnya (copy).
  17. Apa yang dimaksud dengan Print Title?
    Yang dimaksud dengan Print Title adalah halaman worksheet yang sudah dibuat dapat dicetak.
  18. Bagaimana cara meng-copy data?
    Ada 2 cara untuk melakukan copy dokumen, yaitu menggunakan paste dan paste link. Jika menggunakan paste biasa, datanya akan berubah di workbook dan hasil salinannya pun harus diubah. Jika menggunakan paste link, hanya perlu meng-update tablenya saja.
  19. Apa yang dimaksud dengan Protect?
    Protect data dapat dilakukan dengan protect sheet atau workbook secara keseluruhan.
  20. Bagaimana cara melakukan Analisis Data Unplugged (tanpa komputer)?
    Caranya adalag dengan menyimulasikan lembar kerja dalam selembar kertas manila dan dengan menggunakan sticky notes.

Comments

Popular posts from this blog

Resume Materi Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet - Sabrina Ashley 8D/30 Informatika

Mengapa Saya Masuk SMP Labschool Jakarta

Rangkuman BAB 9 Praktika Lintas Bidang - Sabrina Ashley 7B