Rangkuman Bab 7: Algoritma dan Pemrograman Informatika
Rangkuman Bab 7: Algoritma dan Pemrograman - Sabrina Ashley 29 7B
Algoritma adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas
tertentu. Algoritma akan diterjemahkan menjadi kode program untuk memberikan
urutan instruksi pada perangkat komputer. Algoritma dan pemrograman yang
mengatur jalannya sistem komputer.
Pemrograman adalah proses mengembangkan program, perangkat lunak
komputer, aplikasi, dan situs web. Perintah yang dipahami oleh komputer disebut
sebagai 'kode'. Pemrograman adalah elemen inti dari kurikulum Informatika
karena membantu kalian untuk mengembangkan keterampilan penting
seperti penyelesaian masalah, logika, dan berpikir kritis.
Pemrograman visual, yang juga dikenal
sebagai pemrograman berbasis blok adalah sebuah
bahasa pengkodean yang memungkinkan kalian untuk membuat program
dengan menyusun elemen visual secara grafis, bukan menuliskannya dalam
bentuk teks. Elemen visual dalam pemrograman visual berbentuk blok
grafik yang dapat disusun untuk membentuk program. Setiap elemen visual
merepresentasikan pernyataan atau struktur kontrol.
1. Mengapa Perlu Belajar Programming?
Belajar programming (di dalamnya mencakup coding) diperlukan bukan hanya
untuk menjadi programmer (penulis program profesional). Programming
diperlukan dalam bidang apa pun, seperti halnya siapa pun perlu menulis.
1. Informatika membangun keterampilan yang berguna untuk belajar bidang-bidang lainnya termasuk matematika, sains, penyelesaian persoalan,
dll.
2. Belajar pemrograman sama bergunanya seperti belajar bahasa asing. Bedanya ialah bahwa bahasa
pemrograman dirancang agar kalian dapat memerintahkan komputer
melakukan apa yang kalian rancang.
3. Zaman sekarang, dan di masa mendatang, diprediksi akan banyak sekali
lapangan kerja yang membutuhkan kemampuan programming di seluruh
dunia.
4. Pertumbuhan kebutuhan tenaga kerja di bidang lain yang membutuhkan
kemampuan programming selalu meningkat.
5. Informatika adalah ilmu yang terpakai di semua bidang karena semua
bidang akan membutuhkan komputer.
6. Coding adalah seni terbaru dan membuat kalian akan berkreasi tanpa batas.
Pertama-tama, kalian akan dikenalkan dengan lingkungan pemrograman
yang akan dipakai. Pengenalan lingkungan pemrograman itu bisa langsung
dari internet secara online, dengan komputer atau gawai yang sudah disiapkan,
atau tanpa komputer. Blok
akan disusun dalam bentuk kartu yang secara keseluruhan akan membentuk
sebuah program, yaitu “skenario” tindakan yang akan dieksekusi (dijalankan). Pemrograman juga memungkinkan kalian membuat berbagai
variasi dari contoh yang diberikan.
3. Scratch
Aktivitas yang akan kalian lakukan menggunakan aplikasi Scratch yang
dapat diakses secara online maupun di-install langsung di komputer kalian.
Untuk akses online, dapat melalui halaman: https://scratch.mit.edu/. Instalasi
aplikasi dapat mengunduh terlebih dulu aplikasinya melalui halaman: https://
scratch.mit.edu/download. Scratch dibuat oleh MIT Media Lab, sebuah tim dari Massachusetts
Institute of Technology. Dengan Scratch, kalian dapat mengembangkan
sebuah program sederhana berisi cerita, games, maupun animasi interaktif
sesuai kehidupan sehari-hari. Program sederhana ini dibuat dari susunan
blok-blok yang menghasilkan tampilan visual sesuai blok tadi. Hasil karya
Scratch juga dapat dibagikan dalam komunitas online. Kalian dapat mengasah
kemampuan berpikir kreatif, mampu memberikan alasan secara sistematis,
dan berkolaborasi yang merupakan kemampuan penting dalam hidup
bermasyarakat saat ini
Video Pengantar: https://scratch.mit.edu/about
Video Pengantar: https://scratch.mit.edu/about
Comments
Post a Comment