Ringkasan Materi Bab I Informatika - Sabrina Ashley Yuliandi 30/8D

Ringkasan Materi Bab I Informatika

Sabrina Ashley Yuliandi 30/8D






    Definisi Profil Pelajar Pancasila adalah Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Memiliki tiga kata kunci yaitu: pelajar sepanjang hayat, kompetensi global, dan pengamalan nilai-nilai Pancasila, dan dinyatakan dalam enam dimensi yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia; Berkebinekaan global; Bergotong royong; Mandiri; Bernalar kritis; dan Kreatif. Informatika akan membantu kalian untuk menyiapkan diri sebagai warga dunia digital, yaitu dunia maya melalui internet. 


    Materi informatika bisa dipelajari dengan menyimak dan mempelajari terlebih dahulu mengenai materi yang dibahas atau belajar mandiri, yaitu kalian diajak untuk mengeksplorasi, beraktivitas terlebih dahulu. Bisa juga mempelajari dari kasus nyata. Kemudian mengerjakan aktivitas-aktivitas yang di rancang setiap babnya. Aktivitas tersebut dirancang merupakan kegiatan olah pikir, disebut sebagai “starter” untuk mendalami konsep dan menjadi syarat dalam melakukan aktivitas selanjutnya dan melatih dan membentuk pola pikir agar dapat menyelesaikan masalah secara lebih terstruktur, efisien, dan efektif. Selalu melakukan pengendapan materi dan melakukan koneksi dengan materi yang pernah dipelajari bahkan bukan hanya materi pelajaran Informatika.


Materi yang sudah dibahas di Kelas 7:

1. Berpikir Komputasional (BK)

2. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

3. Sistem Komputer (SK)

4. Jaringan Komputer dan Internet (JKI)

5. Analisis Data (AD)

6. Algoritma dan Pemrograman (AP)

7. Dampak Sosial Informatika (DSI)

8. Praktik Lintas Bidang (PLB)


    Materi yang akan dibahas di kelas 8 tidak jauh berbeda, namun lebih kompleks. Misalnya bab Berpikir Komputasional (BK) akan membahas fungsi, algoritma dengan kasus yang lebih kompleks, representasi data (khususnya mengenai himpunan, logika, dan representasi bilangan), dan struktur data stack (tumpukan). Atau bab Algoritma dan Pemrograman (AP) membahas tentang dua bahasa pemrograman yaitu Scratch dan Blocky.


    Hasil belajar Informatika perlu dimunculkan menjadi computational artefact (artefak komputasional), hasil karya nyata, berupa ungkapan lisan, laporan, program komputer atau lainnya Misalnya, sebuah lembar kerja yang dihasilkan dari aplikasi hanya dengan menyalin saja, tidak dapat disebut sebagai artefak komputasional, harus dihasilkan dari proses analisis, merancang, mempertimbangkan kebenaran dan efisiensi serta daya gunanya.


Berikut adalah tabel aktivitas pembelajaran informatika di kelas 8:












Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Resume Materi Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet - Sabrina Ashley 8D/30 Informatika

Mengapa Saya Masuk SMP Labschool Jakarta

Rangkuman BAB 9 Praktika Lintas Bidang - Sabrina Ashley 7B